How To

Cara Mengunci Aplikasi Tertentu di Ponsel Android Samsung

Ada banyak cara untuk mengunci Aplikasi pada ponsel Android. Baik menggunakan aplikasi bawaan atau fitur dari sistem Android itu sendiri. Mengunci aplikasi...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 3 views
Cara Mengunci Aplikasi Pada Ponsel Android

Ada banyak cara untuk mengunci Aplikasi pada ponsel Android. Baik menggunakan aplikasi bawaan atau fitur dari sistem Android itu sendiri. Mengunci aplikasi memiliki banyak manfaat terutama bila berkaitan denga aplikasi yang sifatnya privasi. Seperti aplikasi perpesanan, mulai dari Facebook, WhatsApp dan aplikasi lain yang sifatnya perlu Anda rahasiakan dari orang lain.

Cara Mengunci Aplikasi Pada Ponsel Android
Cara Mengunci Aplikasi Pada Ponsel Android

image source

Hal ini juga bermanfaat bagi Anda yang ingin memberikan ponsel Anda kepada orang lain. Mungkin ada baiknya untuk mencegah mereka membuka aplikasi Anda. WhatsApp, Gmail, dan galeri gambar semuanya dapat berisi konten pribadi yang mungkin ingin Anda simpan sendiri. Tapi jangan takut, dengan fitur atau aplikasi pengunci aplikasi ini, Anda dapat melindungi informasi sensitif dari pengintaian orang lain yang menggunakan ponsel Anda.

Beberapa pabrikan smartphone menawarkan fitur kunci aplikasi sebagai bagian dari fitur sistem Android mereka. Nah, dalam kesempatan ini penulis akan menjelaskan cara menggunakan fitur kunci aplikasi pada skin Android paling populer. Namun bagaimana jika ponsel Anda menjalankan sistem Android yang masih belum mendapatkan fitur kunci aplikasi? Penulis juga akan memberikan cara untuk mengatasi masalah ini.

Fitur Kunci Aplikasi Bawaan

Seperti yang penulis sebutkan sebelumnya, Anda bahkan mungkin tidak perlu mencari aplikasi pihak ketiga jika ponsel Anda mendukung untuk mengunci aplikasi secara langsung. Menggunakan fitur kunci aplikasi bawaan juga secara inheren lebih aman daripada memilih aplikasi pihak ketiga.

Cara menggunakan App Lock pada smartphone Samsung

Menggunakan Samsung App Lock

Perangkat Samsung kelas bawah ataupun menengah mungkin sudah terinstal App Lock yang biasa disebut dengan S Secure. Jika Anda tidak menemukan opsi ini, Anda dapat memeriksanya melalui menu pengaturan.

  1. Buka Pengaturan pada ponsel Anda.
  2. Gulir ke bawah, kemudian pilih opsi Fitur Lanjutan.
  3. Cari opsi yang disebut Lock and mask apps.

Jika Anda juga tidak melihat opsi ini, Anda harus mengunduh aplikasi S Secure dari Google Play Store.

  1. Instal terlebih dahulu aplikasi tersebut, lalu periksa lagi pada Pengaturan sistem Anda. Biasanya Anda akan melihat opsi Lock and mask apps. Alihkan sakelar ke Aktif.
  2. Anda sekarang akan melihat opsi untuk memilih antara pola, PIN, kata sandi, dan Face unlock. Silahkan pilih opsi yang Anda inginkan dan atur.
  3. Setelah jenis kunci sudah Anda atur, ketuk Locked apps.
  4. Karena Anda baru saja mengaturnya, maka biasanya layar akan kosong. Ketuk opsi Tambah pada sudut kanan atas. Anda sekarang akan melihat daftar aplikasi dengan kotak centang. Lalu, pilih aplikasi yang ingin Anda kunci.

Kunci Aplikasi menggunakan Samsung Secure Folder

Tergantung pada jenis ponsel cerdas yang mungkin Anda gunakan, fitur Samsung App Lock ini mungkin tidak tersedia untuk Anda. Namun kemungkinan besar perangkat Anda akan memiliki fitur yang disebut Samsung Secure Folder. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menyimpan aplikasi, gambar, dan file lain pada Folder yang lebih Aman. Berikut cara mudah mengakses Samsung Secure Folder.

  1. Buka Pengaturan pada ponsel Anda.
  2. Ketuk Biometrik dan keamanan.
  3. Lalu ketuk Secure Folder.

Menggunakan Secure Folder berarti Anda harus sepenuhnya memasukkan aplikasi yang ingin Anda buat lebih aman dan tidak sembarang orang bisa membukanya. Seperti WhatsApp atau aplikasi lain.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.